Minggu, 28 Juni 2009

FMIPA UNY Terima Sertifikat ISO


YOGYAKARTA, PILAR - Fakultas FMIPA UNY telah menyandang gelar sebagai Fakultas berlabel International Organization for Standardization (ISO). Bagaimana antusias warga FMIPA UNY menyambutnya?
Kebanggaan tak terkira dirasakan oleh seluruh mahasiswa FMIPA UNY, terutama Dekan FMIPA UNY, DR. Ariswan paska penerimaan sertifikat ISO 23 Maret lalu. Sertifikat International Organization for Standardization (ISO) diterima Fakultas FMIPA UNY setelah selama kurang lebih satu tahun keluarga besar FMIPA UNY yang peduli terhadap peningkatan kualitas mutu pendidikan mengonsep dan mempersiapkan program ISO ini.
International Organization for Standardization (ISO) merupakan suatu program standarisasi mutu suatu organisasi yang didasarkan pada standar-standar management mutu yang baik dan professional. Dengan diterimanya setifikat ISO oleh suatu organisasi, maka organisasi tersebut wajib untuk menjalankan kegiatan organisasi sesuai dengan standard operational procedure yang sudah ditetapkan dalam buku pedoman ISO. Buku pedoman ISO merupakan buku yang berisi standard operational procedure terhadap beberapa kegiatan dan pelayanan suatu organisasi. Di UNY sendiri, buku pedoman ISO ini memuat sekitar 40 standard operational procedure yang telah dikonsep secara matang dan telah disetujui sebagai pedoman pelaksanaan ISO.
Tahun ini adalah tahun kerja keras bagi keluarga besar FMIPA UNY untuk bisa menjalankan program ISO sebelum dilakukan evaluasi oleh pihak pusat satu tahun setelahnya. Hal inilah kemudian yang menimbulkan kekhawatiran DR. Ariswan, dekan FMIPA UNY pertama yang berhasil membawa FMIPA meraih sertifikat ISO, bagaimana agar standar mutu ISO bisa diimplementasikan. Oleh karena itu, DR. Ariswan mengatakan bahwa mahasiswa adalah ujung tombak dari keberhasilan ini. Sosialisasi yang sudah pernah dilakukan Fakultas sebelum penerimaan sertifikat ISO rasanya akan dilakukan lagi pasca penerimaan sertifikat ISO guna menjalin komunikasi yang lebih sinergis dengan mahasiswa.
“Sebagai presiden mahasiswa MIPA, saya akan membawa kampus ini sebagai center of excellent education, mencetak lulusan MIPA professional sebagai agen keteladanan. ” Begitulah obsesi Dekan FMIPA UNY yang rela mengikuti langsung sosialisasi ISO beberapa waktu lalu di Aula Fakultas Teknik FMIPA UNY. Keseriusan beliau dalam menjalankan program ISO ini dilandasi motivasi untuk melakukan amal sholeh. Beliau mengatakan bahwa peningkatan mutu Fakultas melalui program ISO merupakan amal sholeh beliau sebagai seorang Muslim, bahkan ini adalah kewajiban beliau sebagai seorang imam di FMIPA UNY.
Beberapa point penting yang menjadi sorotan peningkatan mutu ISO adalah peningkatkan mutu pelayanan pendidikan, peningkatan  sarana dan prasarana, peningkatakan kualitas pembelajaran, peningkatan IP mahasiswa, pemendekan masa study, dan cepatnya masa tunggu mahasiswa lulusan FMIPA UNY untuk mendapatkan pekerjaan. Ketika terdapat satu saja standar tidak tercapai, misalnya IP mahasiswa turun, maka ISO ini gagal dan kemungkinan sertifikat bisa dicabut. Tentu hal ini tidak diharapkan. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dapat berperan aktif, bersama mendukung dan mengontrol pelaksanaan ISO. Ketika terrjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan standar ISO, maka pengajuanpun dapat disampaikan mahasiswa lewat PD II FMIPA UNYdan kotak milbox saran dan kritik ISO yang akan disediakan oleh Fakultas atau datang langsung ke kantor ISO yang terletak di ruang D.07.110 Gedung Baru FMIPA UNY.
Upaya-upaya penerapan ISO ini pun sudah sangat kentara di lingkungan kampus ini. Program Sekolah Berstandar Internasional (SBI) yang sudah mulai dijalankan, pemenuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan mahasiswa baik pelayanan perkuliahan maupun pemenuhan kebutuhan mahasiswa di ORMAWA, pendisiplinan dosen dan terstrukturnya mekanisme perkulihan, peningkatan kerjasama dengan instansi-instansi pendidikan, kerjasama dan menjalin hubungan dengan jaringan alumni kampus dan lain sebagainya.
Cita-cita mulia ini sudah selayaknya didukung oleh mahasiswa dan warga MIPA lainnya. Apakah mahasiswa khususnya mahasiswa FMIPA UNY sendiri siap menyambut seruan Fakultas ini? Saatnya untuk mempersiapkan diri dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar